Megapolitan

1.500 KK di Kabupaten Bekasi Waspada Banjir Luapan Kali Sadang

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 1.500 kepala keluarga (KK) lebih yang tinggal di Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berstatus waspada banjir akibat luapan Kali Sadang sejak Selasa pagi (18/5).

“Hujan lebat menyebabkan debit air sungai meninggi hingga rata dengan tanggul pembatas bahkan rembesan air mulai keluar dari celah-celah tanggul,” kata warga Perum Griya Setu Permai Hendra (39).

Dia mengatakan, luapan air sungai itu kini sudah mulai membanjiri tempat tinggal warga dengan ketinggian bervariasi dari 10-60 sentimeter.

Berita Terkait

“Dua perumahan dengan jumlah 1.500 KK lebih terimbas luapan sungai yakni Perum Griya Setu Permai dan Perum Mustika Gandaria. Air sudah mulai masuk ke jalanan rumah warga sejak pukul 07.30 WIB,” katanya.

Hendra mengaku warga di dua perumahan itu khawatir tanggul Kali Sadang jebol sebab volume rembesan air di celah tanggul semakin tinggi.

“Kalau sampai jebol, minimal tinggi muka air yang meluap ke perumahan warga bisa sampai semeter lebih,” ungkapnya.

Warga sudah mulai mempersiapkan diri untuk evakuasi dadakan dengan peralatan seadanya. Pada tahun 2020 lalu, tercatat banjir telah menerjang wilayahnya sebanyak lima kali dengan ketinggian air hingga sedada orang dewasa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button