Internasional

Sekutu NATO Tingkatkan Belanja Pertahanan 18 Persen Tahun Ini

INDOPOSCO.ID – Negara-negara sekutu NATO meningkatkan belanja pertahanan mereka sebesar 18 persen tahun ini, menandai peningkatan terbesar dalam beberapa dekade, kata sekretaris jenderal aliansi tersebut.

“Dan 23 sekutu akan menghabiskan 2 persen dari PDB (produk domestik bruto) atau lebih untuk pertahanan tahun ini,” kata Jens Stoltenberg dalam pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih.

“Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dari empat tahun lalu, dan (itu) menunjukkan bahwa Sekutu NATO dan Kanada benar-benar bersedia dan mengambil bagian dari tanggung jawab bersama untuk melindungi kita semua di aliansi NATO,” tambah dia seperti dilansir Antara, Selasa (18/6/2024).

Berita Terkait

Stoltenberg mengingatkan bahwa beberapa anggota NATO akan merayakan 75 tahun aliansi tersebut di Washington, D.C. bulan depan, di mana mereka akan membuat keputusan penting untuk masa depan, katanya.

Dalam sambutannya, dia berterima kasih kepada Biden atas “kepemimpinannya yang kuat” terkait isu Ukraina, dan memberi selamat kepadanya atas penandatanganan perjanjian keamanan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button