Internasional

PM Li Keqiang dan Wang Yang Dipastikan Tak Masuk Komite Sentral Xi Jinping Lagi

INDOPOSCO.ID – Perdana Menteri China Li Keqiang dan Ketua Majelis Permusyawaratan Politik (CPPCC) Wang Yang dipastikan akan meninggalkan jabatannya di pemerintahan dan parlemen tahun depan.

Kepastian itu diperoleh setelah nama keduanya tak masuk dalam daftar anggota Komite Sentral ke-20 Partai Komunis China (CPC) pimpinan Xi Jinping periode ketiganya (2022-2027) yang ditetapkan di Balai Agung Rakyat, Beijing, Sabtu (22/10/2022).

“Dengan keputusan ini, apakah semuanya setuju?” tanya Sekretaris Jenderal CPC Xi Jinping seperti dikutip Antara, Sabtu (22/10/2022).

Berita Terkait

Baca Juga : Minyak Menguat Ditopang Harapan Permintaan China dan Pelemahan Dolar

Seluruh anggota Komite Sentral ke-20, termasuk Xi sendiri menanggapi dengan mengangkat tangan kanan tanda setuju. Demikian pula dengan Li Keqiang dan Wang Yang yang duduk sejajar di sebelah kanan Xi Jinping ikut mengangkat tangan tanda setuju. Li dan Wang pada keanggotaan Komite Sentral ke-19 CPC menjabat sebagai sekretaris atau ranking kedua dan ketiga dalam struktur tertinggi partai berlambang palu dan arit pada periode 2017-2022 itu. “Apakah tidak ada yang setuju?” tanya Xi lagi.

Enam anggota Komite Tetap Biro Politik sebagai jajaran pimpinan tertinggi Komite Sentral, baik periode sebelumnya maupun pengurus baru, bersahutan menjawab, “Tidak ada!”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button