Internasional

Cegah Kekerasan, Presiden Burkina Faso Dilaporkan Mundur

INDOPOSCO.ID – Kapten Ibrahim Traore, yang menyatakan diri sebagai pemimpin militer Burkina Faso, telah menerima pengunduran diri Presiden Paul-Henri Damiba, kata sejumlah pemimpin agama dan masyarakat, Minggu (2/10/2022).

Presiden Damiba, menurut para pemimpin tersebut, mundur dari jabatannya dalam upaya mencegah kekerasan berlanjut setelah kudeta terjadi pada Jumat (7/10).

Traore mengatakan ketertiban sudah dipulihkan pascaserangkaian protes terhadap kedutaan besar Prancis, juga setelah pertempuran berlangsung berhari-hari ketika kelompoknya mengudeta pemerintah.

Baca Juga : Cegah Kekerasan Seksual, Jangan Sepelekan Perubahan Sifat Anak

“Kami ingin menginformasikan kepada penduduk bahwa situasi sudah dikendalikan dan ketertiban sudah pulih,” kata seorang perwira militer ketika menyampaikan pernyataan melalui televisi nasional.

Traore, yang merupakan kapten Angkatan Darat, berdiri di samping perwira tersebut serta diapit oleh sejumlah tentara yang bersenjata dan mengenakan masker.

Pernyataan lainnya menyebutkan bahwa Traore akan lanjut bertindak sebagai presiden sampai presiden peralihan dari kalangan sipil atau militer ditunjuk dalam pekan-pekan mendatang.

Militer mengumumkan bahwa wilayah perbatasan udara Burkina Faso sudah dibuka kembali.

Pada Minggu, sebagian besar wilayah Ouagadougou berada dalam keadaan tenang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button