Internasional

Kemenlu Ajak Jurnalis ASEAN Mengenal Toleransi di Candi Prambanan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI memperkenalkan kehidupan toleransi masyarakat Indonesia yang sudah tercipta sejak dahulu kepada sejumlah jurnalis ASEAN dan Timor Leste melalui bangunan peninggalan sejarah budaya Candi Prambanan dan Candi Sewu di Prambanan, Kamis.

“Kami ingin menunjukkan pada dunia bahwa kehidupan toleransi di Indonesia telah terbangun sejak zaman dahulu yang direpresentasikan dengan Candi Prambanan dan Candi Sewu,” kata Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Yusron B. Ambari di Prambanan, seperti dikutip Antara, Kamis (15/9/2022).

Menurut dia, Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu dan Candi Sewu yang merupakan candi Buddha yang letaknya bersebelahan.

“Ini menjadi bukti bahwa kehidupan toleransi sudah terbangun di sini sejak dahulu, dan hidup rukun berdampingan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Journalist Friends of Indonesia (JFOI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu).

“Peserta program JFOI 2022 terdiri dari delapan jurnalis dari tujuh negara, di antaranya Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Timor Leste,” katanya.

Yusron mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menampilkan kemajuan yang telah dicapai Indonesia melalui media massa mereka dan mendukung berbagai promosi termasuk pariwisata.

“Kami sengaja memilih jurnalis dari ASEAN dan Timor Leste karena pada akhir tahun ini setelah KTT di Kamboja Indonesia dipercaya sebagai Ketua ASEAN,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button