Internasional

Kelanjutan Upaya Perdamaian di Myanmar Akan Dibahas Dalam KTT ASEAN

INDOPOSCO.ID – Kelanjutan upaya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk membantu proses perdamaian di Myanmar akan dibahas dalam KTT para pemimpin perhimpunan tersebut pada November mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Strategis Pimpinan Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama dalam pengarahan media secara daring, Kamis (11/8).

Menurut dia, keputusan tersebut diambil oleh para menteri luar negeri ASEAN dalam pertemuan mereka di Kamboja pekan lalu, sebagai respons atas tidak adanya kemajuan dalam implementasi Konsensus Lima Poin yang ditujukan untuk membantu mengakhiri krisis di Myanmar.

“Sesuai hasil komunike bersama, para menlu ASEAN menyampaikan bahwa nanti pada saat KTT, kepala negara ASEAN akan memberi penilaian atas kemajuan implementasi Konsensus Lima Poin untuk kemudian memberi keputusan apa yang akan dilakukan ASEAN selanjutnya,” kata Rizal, Kamis (11/8), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: ASEAN Akan Percepat Proses Keanggotaan Timor Leste

Rekomendasi para menlu ASEAN untuk meneruskan pembahasan isu Myanmar ke tingkat kepala negara, kata dia, telah sesuai dengan mandat Konsensus Lima Poin yang ialah hasil ASEAN Leaders’ Meeting di Jakarta, April 2021.

Mengenai utusan khusus (special envoy) ASEAN untuk Myanmar yang berdasarkan konsensus tersebut dijalankan oleh negara yang memegang keketuaan ASEAN, juga akan dibahas lebih lanjut mengingat sejauh ini Brunei Darussalam sebagai ketua ASEAN tahun lalu.

Kamboja selaku ketua ASEAN tahun ini belum mendapat akses untuk menemui semua pihak yang berkonflik di Myanmar karena tidak diizinkan oleh militer negara tersebut.

Indonesia yang akan bertugas sebagai ketua ASEAN tahun 2023 akan sangat bergantung kepada hasil pembahasan para pemimpin ASEAN dalam KTT mendatang.

“Hasil itulah yang akan menjadi panduan kita sebagai ketua ASEAN (tahun depan) tentang bagaimana menavigasi atau membantu Myanmar keluar dari krisis politik,” kata Rizal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button