Internasional

Panglima Militer Israel Kunjungi Maroko

INDOPOSCO.ID – Panglima angkatan bersenjata Israel mengunjungi Maroko dalam pertemuan tingkat tertinggi antara kedua negara, Senin (18/7/2022). Israel dan Maroko pada tahun 2020 telah meningkatkan hubungan di antara mereka di bawah dorongan diplomatik Amerika Serikat.

Lawatan Letnan Jenderal Aviv Kochavi digambarkan Israel sebagai bagian dari kerja sama pertahanan yang penting dengan negara Afrika Utara tersebut, Rabat telah mencoba untuk menjadi mediator demi kondisi yang lebih baik bagi warga Palestina.

“Salah satu topik yang akan dibahas (di Maroko) minggu ini adalah berbagi pengetahuan, pelatihan –kemampuan untuk berlatih bersama dalam manuver bersama– pengembangan senjata, transfer pengetahuan, dan mungkin juga persenjataan,” kata juru bicara militer Israel Brigadir Jenderal Ran Kochav kepada Ynet TV seperti dikutip Antara.

Pemulihan hubungan Maroko dengan Israel terjadi setelah kesepakatan normalisasi dicapai Israel dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain. Pakta-pakta ini oleh Washington dinamakan “Kesepakatan Abraham”.

Washington terus mengupayakan kerja sama di antara sekutu-sekutunya untuk mengimbangi Iran yang sedang berkibar. Israel dan Maroko menjalin hubungan tingkat rendah pada tahun 1990-an tetapi hubungan ini ditangguhkan setelah pemberontakan Palestina melawan Israel meletus pada 2000.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button