Internasional

AS Janji Bakal Tetap Mitra Timur Tengah

INDOPOSCO.ID – Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menjadi mitra yang aktif dan terlibat dengan Timur Tengah. Dia juga mendesak para pemimpin yang berkumpul di pertemuan Arab Summit untuk melihat hak asasi manusia sebagai kekuatan yang kuat dari perubahan ekonomi dan sosial.

“Amerika Serikat berinvestasi dalam membangun masa depan yang positif di kawasan ini, dalam kemitraan dengan anda semua–dan Amerika Serikat tidak akan ke mana-mana,” kata Biden kepada para pemimpin Arab dalam pidatonya untuk memulai KTT tersebut, Sabtu (16/7/2022).

Biden berusaha untuk memulai babak baru dalam keterlibatan AS di Timur Tengah. Ia berharap untuk melupakan konflik militer AS dan sebagai gantinya, mendorong kawasan yang menghormati urusan dalam negeri masing-masing negara tetapi mengincar integrasi ekonomi dan pertahanan bersama di tengah kekhawatiran atas Iran.

Baca Juga : Bertemu Presiden MBZ di Istana Al Shatie, Jokowi Lakukan Pertukaran Dokumen

Biden, yang melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk pertama kalinya sebagai presiden AS, fokus pada KTT dengan enam negara Teluk dan Mesir, serta Yordania dan Irak.

Ia tampaknya meremehkan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Pertemuan itu telah menuai kritik di AS atas catatan pelanggaran HAM di negara itu, terutama pembunuhan brutal terhadap jurnalis Washington Post dan kritikus Arab Saudi Jamal Khashoggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button