Internasional

Mantan Menhan Denmark Bakal Dituntut JPU, Kenapa?

INDOPOSCO.ID – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Denmark secara resmi akan menuntut mantan menteri pertahanan Claus Hjort Frederiksen karena membocorkan rahasia negara. Demikian dikatakan Kementerian Kehakiman Denmark, Kamis (12/5/2022).

Frederiksen, yang menjabat Menhan pada 2016-2019, mengatakan pada Januari bahwa dirinya telah menerima tuntutan awal berupa pelanggaran pasal undang-undang pidana yang mencakup tindakan makar karena membocorkan rahasia negara.

Parlemen kini harus membahas apakah akan mencabut kekebalan parlementer Frederiksen. Kekebalan itu melindungi anggota parlemen Denmark dari tuntutan hukum.

“Saya benar-benar berharap masyarakat dan semua anggota parlemen kini bisa mendapatkan wawasan tentang hal ini, yang diyakini pemerintah telah saya lakukan, yang dianggap sebagai makar,” kata Frederiksen kepada jaringan berita setempat Ritzau, Kamis (12/5/2022).

Pemerintah telah membantah keterlibatan apa pun dalam tuduhan oleh jaksa penuntut umum. Frederiksen dan pengacaranya tidak membalas permintaan untuk berkomentar.

Baca Juga: Belarus Akan Kerahkan Pasukan Khusus ke Perbatasan Ukraina

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button