Internasional

Presiden Biden akan Sambut Pemimpin Asean di KTT Khusus di Washington

INDOPOSCO.ID – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menyambut para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Washington, DC yang menghadiri KTT Khusus AS-ASEAN pada 12-13 Mei.

KTT itu akan menunjukkan komitmen berkelanjutan Amerika Serikat terhadap ASEAN, mengakui peran sentralnya dalam menyampaikan solusi berkesinambungan untuk tantangan paling mendesak di kawasan, serta memperingati 45 tahun hubungan AS-ASEAN, menurut pernyataan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (11/5).

Menurut Kedubes AS, KTT khusus kali ini merupakan kelanjutan dari partisipasi Biden dalam KTT AS-ASEAN pada Oktober 2021.

KTT Khusus AS-ASEAN juga merupakan upaya untuk memperluas peran Amerika Serikat dengan ASEAN dalam pemulihan COVID-19 dan ketahanan kesehatan, melawan krisis iklim, mendorong pertumbuhan ekonomi, mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, serta memperdalam hubungan antarmasyarakat.

“Amerika Serikat tetap berkomitmen terhadap arsitektur regional yang berpusat pada ASEAN, di jantung Indo-Pasifik, serta mendukung peran ASEAN yang kuat, terpadu, dan konstruktif dalam menangani isu-isu kawasan,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim.

Kim juga menyampaikan pemikirannya mengenai hubungan dan kemitraan AS-Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button