Internasional

Antisipasi Pengaruh China, AS Akan Undang Pemimpin Pasifik ke Gedung Putih

INDOPOSCO.ID – Pemerintahan Amerika Serikat berencana meningkatkan hubungan diplomatik dengan negara-negara Kepulauan Pasifik, termasuk mengundang para pemimpin Pasifik ke Gedung Putih akhir tahun ini.

Rencana itu disampaikan oleh koordinator AS untuk Indo-Pasifik Kurt Campbell, Senin (2/5/2022) dalam pertemuan puncak bisnis AS-Selandia Baru di tengah meningkatnya kekhawatiran atas pengaruh China yang meluas di kawasan Indo-Pasifik.

Kehadiran China di kawasan itu ditekankan melalui pakta yang ditandatangani Beijing dengan Kepulauan Solomon pada April.

Berbicara dari Washington DC melalui sambungan telepon, Campbell mengatakan kepada peserta konferensi tingkat tinggi di Auckland itu bahwa AS bermaksud meningkatkan hubungan diplomatik dengan negara-negara Pasifik

“Agar Amerika Serikat (hadir secara) efektif di Pasifik, kami harus berbuat lebih banyak, dan kami harus berbuat lebih banyak di bidang-bidang yang penting dan berguna bagi penduduk Kepulauan Pasifik,” ujar Campbell seperti dilansir Antara, Senin (2/5/2022).

Baca Juga: Deplu AS Dukung Senjata Untuk Ukraina

Dia mengatakan pemerintah Presiden Joe Biden akan bekerja dengan Lembaga Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Korporasi Keuangan Pembangunan Internasional AS yang baru untuk mendanai proyek-proyek di kawasan itu serta memulihkan Peace Corps untuk sebagian besar wilayah Pasifik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button