Internasional

Dukungan Turki di Presidensi G20 Beri Dampak Positif

INDOPOSCO.ID – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menilai dukungan Pemerintah Turki dalam Presidensi G20 Indonesia memberikan dampak positif dan sangat penting karena didasarkan pada konsensus dan bukan menjadi keputusan sebagian negara saja.

“Dukungan ini penting. Bukan keputusan sebagian negara, bahkan Indonesia saja,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/4).

Turki menjadi ketua di MIKTA, yaitu kemitraan inovatif yang menyatukan Meksiko, Indonesia, Republik Korea (ROK), Turki, dan Australia.

Baca Juga : No Comment Rusia, Jepang Bakal Hadiri G20

Sedangkan Indonesia juga saat ini memegang presidensi di G20. Keduanya memiliki peran strategis dalam mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dunia.

Sebagai tuan rumah, menurut dia, Indonesia harus melakukan berbagai upaya agar KTT G20 berjalan lancar dan memastikan seluruh negara hadir untuk tetap dapat bekerja dan berkontribusi bagi upaya dunia untuk pulih dari pandemi.

“Indonesia harus melobi Amerika Serikat dan sekutunya untuk tetap hadir dan bila mereka ingin menghukum Rusia silahkan mereka walk out. Namun tidak dengan cara memboikot atau tidak hadir,” katanya, dikutip dari Antara.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menlu Turki Mevlüt Çavuşoğlu sepakat untuk memajukan prioritas G20 dalam mengatasi pandemi, menciptakan ketahanan kesehatan global, dan mendorong transformasi digital dan transisi energi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button