Internasional

Perusahaan terkait Sanksi Rusia Hadapi Rintangan saat Pembayaran Utang

INDOPOSCO.ID – Kewajiban utang dari perusahaan- perusahaan Rusia yang terkait dengan miliarder yang terkena sanksi membuat investor gelisah pada Selasa (22/3/2022), karena pembayaran kupon kepada pemegang sekuritas asing mengalami hambatan menyusul sanksi Barat yang dipicu oleh invasi Moskow ke Ukraina.

Produsen baja Rusia Severstal, yang pemegang saham utamanya, Alexey Mordashov, dikenai sanksi oleh Uni Eropa pada 28 Februari, mengalami kesulitan membayar pemegang utangnya, kata sumber yang dekat dengan perusahaan itu, Rabu (23/3/2022), seperti dikutip Antara.

Evraz, pembuat baja Rusia yang pemegang saham terbesarnya dari Rusia Roman Abramovich mendapat sanksi, mengatakan pada Selasa (22/3) bahwa pembayaran kupon yang jatuh tempo 21 Maret telah diselesaikan dengan agen pembayaran setelah diblokir sementara oleh bank koresponden Barat.

Berita Terkait

Perusahaan pupuk EuroChem juga mengalami masalah dalam melakukan pembayaran kupon yang jatuh tempo pada 14 Maret setelah diblokir oleh agen pembayar, Bloomberg melaporkan pekan lalu. Perusahaan mengumumkan pada 16 Maret bahwa Vladimir Rashevskiy telah mengundurkan diri sebagai chief executive officer dan dari dewan direksi efektif 15 Maret setelah dia mendapat sanksi dari Uni Eropa.

Rintangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan ini menunjukkan bagaimana hukuman sanksi Barat yang dijatuhkan setelah invasi Rusia berdampak luas, karena bank- bank menjadi berhati-hati untuk menghindari pelanggaran aturan.

Rusia, yang menyebut serangannya ke Ukraina sebagai “operasi militer khusus”, juga mendapat sorotan dari investor internasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button