Internasional

Qatar Lanjutkan Evakuasi Warganya dari Afghanistan

INDOPOSCO.IDQatar melanjutkan penerbangan untuk mengevakuasi orang-orang dari Afghanistan, kata sumber di kalangan pemerintah pada Kamis (27/1), setelah hampir dua bulan operasi tersebut dihentikan.

Pesawat pertama, yang dioperasikan oleh Qatar Airways dan disewa oleh pemerintah Amerika Serikat, pada Rabu (26/1) terbang meninggalkan Kabul ke Doha.

Penerbangan tersebut membawa 227 warga sipil, termasuk sejumlah warga negara dan penduduk tetap AS beserta keluarga mereka, kata sumber itu.

Baca Juga : Qatar: Pengakuan Perintahkan Taliban bukan Prioritas

Qatar melanjutkan penerbangan sipil hanya setelah melakukan “pembicaraan terus-menerus” dengan pemerintah Taliban, ujar sumber tersebut.

Doha berhenti melaksanakan penerbangan evakuasi pada awal Desember di tengah perselisihan dengan Taliban menyangkut siapa saja penumpang yang diizinkan masuk ke dalam daftar penerbangan, menurut seorang sumber lainnya yang mengetahui masalah itu kepada Reuters.

Seorang sumber di kalangan diplomatik mengatakan ada kekhawatiran bahwa “orang-orang yang melakukan aji mumpung” di Kabul masuk ke dalam beberapa penerbangan yang diselenggarakan Qatar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button