Internasional

Qatar: Pengakuan Perintahkan Taliban bukan Prioritas

INDOPOSCO.ID – Qatar beranggapan bahwa pengakuan kepada pemerintahan Taliban di Afghanistan tidaklah prioritas dikala ini sebab fokus sepatutnya ditunjukan pada keikutsertaan dengan pemerintah baru dan penanganan isu kemanusiaan.

Utusan khusus menteri luar negeri Qatar Mutlaq Al- Qahtani menekan negara- negara lain untuk ikut serta lebih dalam dengan Taliban selaku otoritas defacto Afghanistan dikala ini.

Pada dikala yang serupa, ia menekan Taliban untuk berperan selaku pemerintah yang bertanggung jawab dan meluhurkan hak perempuan untuk bekerja dan hak anak perempuan untuk berpelajaran.
“Kami pikir pengakuan ini bukan prioritas. Yang lebih menjadi prioritas sekarang adalah kemanusiaan, pendidikan, kebebasan perlintasan,” ujar Qahtani dalam forum keamanan global di Doha, Selasa.

Dia mengatakan satu-satunya langkah maju adalah menawarkan “lebih banyak kolaborasi, kerja sama, dan bantuan” kepada pemerintah sementara Afghanistan.

Nyaris 2 bulan sejak kejatuhan pemerintah dukungan Barat, pemerintahan baru Taliban berusaha membuat ikatan dengan negara lain untuk menolong menghindari krisis ekonomi hebat di Afghanistan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button