Internasional

KTT Iklim PBB Capai Kesepakatan Soal Pasar Karbon

INDOPOSCO.ID – Negosiator menutup kesepakatan pengaturan untuk pasar karbon dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim PBB atau Conference of the Parties (COP26) pada Sabtu (13/11), Glasgow, Skotlandia.

Kesepakatan itu akan membuka triliunan dolar untuk melindungi hutan, membangun fasilitas energi terbarukan dan proyek lain untuk memerangi perubahan iklim. Kesepakatan akhir yang diadopsi oleh hampir 200 negara akan menerapkan Pasal 6 Perjanjian Paris 2015.

Kesepakatan itu memungkinkan negara-negara untuk memenuhi sebagian target iklim mereka dengan membeli carbon offset. Carbon offset merupakan kegiatan menyeimbangkan sejumlah emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatan tertentu dengan cara membeli karbon kredit.

Perusahaan, serta negara-negara yang memiliki hutan yang luas, mendorong kesepakatan yang kuat di pasar karbon. Kesepakatan itu menjadi “kemenangan Brasil” dan negara itu bersiap untuk menjadi “pengekspor besar” kredit karbon, kata Kementerian Lingkungan Brasil di media sosial. Negara ini adalah rumah bagi sebagian besar hutan Amazon, dan memiliki potensi besar untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin dan surya.

“Ini harus memacu investasi dan pengembangan proyek yang dapat memberikan pengurangan emisi secara signifikan,” kata kepala negosiator Brasil Leonardo Cleaver de Athayde seperti dikutip Antara dari Reuters, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga : Progres Positif Negosiasi Indonesia di KTT Iklim COP 26 Glasgow

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button