Internasional

Venezuela akan Buka Kembali Perbatasan dengan Kolombia

INDOPOSCO.ID – Venezuela akan membuka kembali perbatasannya dengan Kolombia pada Selasa (5/10/2021) setelah penutupan hampir tiga tahun karena ketegangan politik. Pernyataan itu disampaikan Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez dalam pidatonya yang ditayangkan televisi milik negara pada Senin (5/10).

Venezuela menutup perbatasan pada Februari 2019 ketika oposisi Venezuela, yang didukung oleh Kolombia dan Amerika Serikat, berusaha memasukkan bantuan kemanusiaan.

Venezuela menderita krisis ekonomi akibat terjadinya hiperinflasi selama bertahun-tahun. Pihak berwenang Venezuela pada saat itu memblokir jembatan Simon Bolivar dengan kontainer bertuliskan “Kami menginginkan perdamaian.” Demikian dilaporkan Antara, Selasa (5/10/2021).

Jembatan Simon Bolivar merupakan salah satu penyeberangan utama antara Venezuela dengan Kolombia. Otoritas Venezuela mengatakan upaya pengiriman bantuan kemanusiaan merupakan bagian dari alur penggulingan Maduro yang didukung oleh Amerika Serikat.

Oposisi dan sekutunya menuduh Maduro mencurangi pemilihan umum pada 2018. Pemilihan Umum pada 2018 dimenangkan oleh Maduro.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button