Internasional

Afghanistan Kembali Perbolehkan Penerbangan Komersial Internasional

INDOPOSCO.ID – Bandara Kabul kembali menerbangkan pesawat komersial internasional pertama sejak kekacauan pengangkutan udara oleh negara-negara Barat pada Kamis (9/9/2021). Penerbangan tersebut menandai langkah penting dalam upaya Taliban mengembalikan keadaan normal di negara itu pasca mereka merebut kekuasaan.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, yang berkunjung ke Islamabad mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Taliban karena membantu membuka kembali Bandara Kabul.

Sekitar 113 orang penumpang dapat diterbangkan ke Doha yang dioperasikan oleh Qatar Airways milik negara. Para penumpang termasuk warga negara Amerika Serikat, Kanada, Ukraina, Jerman, dan Inggris juga ikut dalam penerbangan tersebut.

AS menolak menyebutkan jumlah warganya yang berada di pesawat tersebut, namun mereka mengatakan ada 30 warganya yang diundang ikut penerbangan itu –tetapi tidak semua menerima tawaran tersebut.

Seorang sumber mengatakan para penumpang dibawa ke bandara Kabul dalam konvoi yang dilaksanakan oleh Qatar setelah perjalanan aman disetujui. Di Doha, mereka akan tinggal di kompleks yang menampung pengungsi Afghanistan dan pengungsi-pengungsi lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button