Internasional

Calon PM Jepang Fumio Kishida Tunda Debat Terkait Stimulus Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Fumio Kishida, pesaing utama untuk menggantikan Yoshihide Suga sebagai perdana menteri Jepang, mengatakan bahwa debat terkait langkah-langkah pendanaan stimulus ekonomi yang ia ajukan harus menunggu hingga pemilihan umum rampung tahun ini.

Pernyataan mantan luar negeri itu menyoroti peningkatan risiko penundaan dalam menyusun anggaran untuk tahun fiskal selanjutnya usai kebijakan ekonomi dikesampingkan selama kampanye pemilihan perdana menteri setelah Suga mendadak mengundurkan diri.

“Saya akan menjelaskan arahan umum ide paket stimulus saya, tetapi itu tidak akan mudah bagi pemerintah untuk mengurai rincian rencana tersebut. Bagaimana mendanai paket… hal itu akan dibahas setelah pemilihan umum selesai,” kata Kishida dalam sebuah program televisi seperti dikutip Antara, Minggu (5/9/2021).

Dalam pengumuman yang mengejutkan pada Jumat (3/9), Suga menyatakan tidak akan kembali mencalonkan diri dalam pemilu sebagai pemimpin partai yang tengah berkuasa, Partai Demokrat Liberal (LDP). Pemimpin partai biasanya akan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki suara mayoritas di parlemen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button