Internasional

Ratusan Warga Afghanistan Dievakuasi ke Korsel

INDOPOSCO.ID – Hampir 400 warga Afghanistan yang dievakuasi tiba di Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (26/8), di mana pemerintah mengatakan sedang mengamandemen undang-undang untuk memberi izin tinggal jangka panjang bagi mereka yang bekerja pada proyek- proyek Korsel di Afghanistan sebelum Taliban merebut kekuasaan bulan ini.

Imigrasi adalah masalah yang diperdebatkan di Korsel, banyak penduduknya bangga dengan homogenitas etnis, bahkan ketika populasi 52 juta jiwa menua dengan cepat dan angkatan kerja berkurang.

Sedikitnya dua penerbangan akan membawa 391 orang, termasuk keluarga pekerja di kedutaan Korea, Badan Kerja Sama Internasional Korea (KOICA), sebuah rumah sakit, dan lembaga pelatihan kejuruan dan pangkalan militer yang dikelola pemerintah Korea.

Menteri Kehakiman Park Beom-kye mengatakan banyak warga Korea telah menerima dukungan internasional setelah terpaksa melarikan diri selama Perang Korea dari tahun 1950 hingga 1953.

“Sekarang saatnya bagi kita untuk membalas budi,” kata dia dalam pengarahan di Bandara Incheon di luar ibu kota, sebelum kedatangan pesawat evakuasi.

Pemerintah sedang dalam proses mengamandemen undang-undang imigrasi untuk memberikan izin tinggal jangka panjang kepada warga Afghanistan sebagai orang asing yang telah memberikan layanan khusus kepada negara itu, ujar Park.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button