Internasional

Panglima Inggris Minta Dunia Beri Kesempatan Pada Taliban

INDOPOSCO.ID – Dunia sebaiknya memberi kesempatan kepada Taliban untuk membuat pemerintahan baru di Afghanistan, tutur panglima militer Inggris Nick Carter, Rabu (18/8/2021). Menurut Carter, dunia nanti mungkin akan mengetahui apakah kelompok pemberontak yang dalam beberapa dekade sudah dicap oleh Barat sebagai militan itu akan bersikap lebih masuk akal.

Para pemimpin Taliban akan membuktikan diri mereka kepada dunia, tutur seorang pejabat gerakan Islamis itu tidak seperti yang terjadi selama 20 tahun terakhir ketika mereka lebih banyak hidup dalam kerahasiaan.

Carter menyatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai yang disebutnya akan bertemu dengan Taliban pada Rabu (18/8).

Berita Terkait

“Kita harus sabar, kita harus menahan diri serta kita harus memberi mereka ruang untuk membentuk pemerintahan serta kita harus memberi mereka ruang untuk menunjukkan mandat mereka. Mungkin saja Taliban yang saat ini berbeda dari Taliban yang dulu diingat orang dari tahun 1990an,” tutur Carter pada BBC seperti dikutip Antara, Rabu (18/8/2021)

“Nanti kita akan tahu, apabila kita memberi mereka ruang, kalau Taliban ini tentunya lebih masuk akal tetapi apa yang harus kita ingat adalah bahwa mereka bukan organisasi yang homogen Taliban merupakan kelompok para tokoh adat yang beragam serta berasal dari seluruh daerah pedesaan Afghanistan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button