Internasional

Akibat Pandemi, Kelulusan Mahasiswa asal Indonesia di China Tertunda

INDOPOSCO.ID – Sedikitnya 546 mahasiswa asal Indonesia dari jenjang S1 hingga S3 di sejumlah perguruan tinggi di China tertunda kelulusannya akibat terdampak pandemi Covid-19. Biasanya dalam satu tahun China meluluskan 1.400 hingga 1.800 pelajar Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan. Namun sejak pandemi melanda, maka tingkat kelulusannya tinggal 60 persen.

“Mereka itu terkendala teknis pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Beberapa mahasiswa eksakta yang belajar daring mengalami beberapa kendala, seperti laboratorium, praktikum, koas (co-assistant bagi mahasiswa tingkat akhir kedokteran) dan lain-lain,” ujar ,” kata Atase Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Kedutaan Besar RI di Beijing, Yaya Sutarya seperti dikutip Antara, Selasa (11/5/2021).

Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka tidak ada jalan lain kecuali mendesak pemerintah China untuk mengizinkan para pelajar dari Indonesia masuk kembali.

“Tidak hanya Indonesia, beberapa negara lain juga menyampaikan hal serupa kepada otoritas China. Beberapa pelajar China juga mendesak ingin melanjutkan sekolah di Indonesia,” katanya menambahkan.

Ia menyebutkan sebanyak 44 mahasiswa China yang meraih program beasiswa Darmasiswa dalam dua periode 2019 dan 2020 juga belum bisa diberangkatkan ke Indonesia karena pandemi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button