Internasional

Banjir dan Longsor, Hawaii Status Darurat

INDOPOSCO.ID – Setelah diguyur hujan lebat hingga mengakibatkan banjir, tanah longsor, dan ketakutan akan adanya luapan bendungan, Gubernur Hawaii David Ige akhirnya mengumumkan status darurat di negara bagian Amerika Serikat itu.

Pihak berwenang juga memerintahkan evakuasi beberapa ribu orang dari komunitas yang terancam dengan adanya kenaikan air.

Tindakan ini dilakukan setelah bendungan meluap di Pulau Maui memaksa evakuasi dan menghancurkan rumah, dengan kondisi bendungan yang ‘tidak memuaskan’, sehingga dijadwalkan untuk dipindahkan tahun ini, demikian kata Departemen Pertanahan.

“Pengumuman keadaan darurat membuat dana umum negara yang tersedia dapat digunakan dengan cepat dan efisien untuk membantu mereka yang terkena dampak cuaca buruk,” ujar Gubernur Ige dilansir Reuters melalui Antara, Selasa (9/3/2021).

Cuaca buruk diperkirakan akan berlangsung sampai Jumat dan peringatan banjir tetap berlaku untuk hari kedua, tambahnya.

Pemberlakuan keadaan darurat tersebut mencakup daerah Hawai’i, Maui, Kalawao, O’ahu dan Kaua’i, kata kantor gubernur dalam sebuah pernyataan, sedangkan periode bantuan bencana berlangsung hingga 8 Mei 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button