Internasional

Erdogan Tuding AS Mendukung Militan Kurdi yang Eksekusi Mati 13 Warga Turki

INDOPOSCO.ID – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Amerika Serikat membantu kelompok militan Kurdi yang diyakini telah mengeksekusi mati 13 warga Turki yang diculik di utara Irak. Erdogan menyebut kecaman yang disampaikan AS terhadap eksekusi mati itu sebagai sebuah “lelucon”.

Turki mengatakan Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang dianggap sebagai kelompok militan oleh Ankara, telah mengeksekusi para tahanan, termasuk di antaranya tentara dan polisi. Eksekusi itu dilakukan di tengah adanya operasi militer terhadap PKK.

AS mengecam insiden itu dan mengatakan pihaknya akan berdiri bersama Turki, jika pembunuhan itu terbukti dilakukan oleh PKK. AS dan Uni Eropa menetapkan PKK sebagai organisasi teroris, tetapi di Suriah, tentara-tentara AS bersama pejuang Unit Pelindungan Rakyat Kurdi (YPG). Padahal Turki menyebut YPG terhubung dengan PKK.

“Ada pernyataan yang dikeluarkan oleh AS. Itu adalah lelucon. Apakah kalian tidak seharusnya melawan PKK dan YPG? Kalian terang-terangan mendukung mereka dan berdiri di belakang mereka,” kata Erdogan seperti dikutip Antara, ,Senin (15/2/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button