Headline

Peretasan Berulang, Indonesia Butuh SDM Teknologi Informasi Mumpuni

INDOPOSCO.ID – Serangan siber pada situs pemerintah telah terjadi berulang kali. Terbaru, gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN) akibat ulah ransomware. Kondisi tersebut menuntut kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi informasi ditingkatkan.

Pengamat Siber Pratama Persadha berpandangan, edukasi terhadap aparatur pemerintah serta keamanan siber dari perangkat kerja masih minim. Meski sistem keamanan siber dimiliki lembaga sudah paling mutakhir dan paling canggih.

Maka secara keseluruhan sistem keamanan suatu lembaga akan dianggap kurang kuat dan atau kurang mumpuni, karena masih memiliki celah untuk masuknya sebuah serangan.

“Melihat maraknya kebocoran data yang disebabkan oleh kelalain SDM ini seharusnya, sudah menjadi peringatan kepada pimpinan organisasi untuk segera melakukan pelatihan (keamanan siber),” kata Pratama melalui gawai, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, masalah paling mendasar dari banyaknya serangan siber yang terjadi adalah kurangnya kewaspadaan SDM terhadap model-model serangan siber yang telah terjadi.

Selain itu, keteledoran aparat pemerintah di bidang teknologi informasi menjadi sasaran empuk peretas melancarkan aksinya mencuri data.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button