Headline

Kasus Vina, Kompolnas ke Polisi: Apakah Sudah Optimal dengan Pendekatan SCI?

INDOPOSCO.ID – Kasus pembunuhan terhadap Vina Dewi Arsita (16) pada tahun 2016 di Cirebon, Provinsi Jawa Barat tak kunjung tuntas. Total ada 11 tersangka dalam kasus tersebut, delapan orang telah diadili, namun tiga lainnya berstatus DPO.

Kasusnya menjadi perhatian masyarakat, setelah diangkat dalam film berjudul Vina Sebelum 7 Hari pada 8 Mei 2024. Kini, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) 3 orang tersangka, namun tanpa ada foto atau sketsa wajah.

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto menyadari, adanya kendala dalam pengusutan seiring perjalanan kasus tersebut hingga penerbitan tiga tersangka DPO. Pasti penyidik yang pertama menanganinya sudah dirotasi di tubuh Polri.

“Kasus yang lama belum terungkap, memang penyidik akan menghadapi banyak masalah karena yang menangani sudah berganti beberapa kali,” kata Benny melalui gawai, Jakarta, Sabtu (18/5/2024).

Di sisi lain, ia mempertanyakan metode ilmiah dalam penyidikan tindak pidana atau Scientific Crime Investigation (SCI) untuk penanganan kasus tersebut. Dari pengecekan rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) hingga jejak Deoxyribo Nucleic Acid (DNA).

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button