Headline

Krisis Energi Paksa Jerman Tolak Seruan Pemimpin UE Batasi Harga Gas

INDOPOSCO.ID – Beberapa negara menyatakan frustrasi pada Kamis (20/10/2022) dengan penolakan Jerman untuk membatasi harga gas ketika para pemimpin Uni Eropa tampaknya akan mengakhiri perdebatan lain tentang tanggapan blok itu terhadap krisis energi tanpa kesepakatan tentang masalah tersebut.

Uni Eropa bergulat dengan harga energi yang tinggi yang mendorong inflasi dan meningkatkan prospek resesi di seluruh benua, situasi yang diperparah oleh Rusia yang memotong aliran gas setelah invasi pada Februari ke Ukraina.

27 negara telah sepakat untuk mengisi penyimpanan gas dan menarik kembali pendapatan dari perusahaan-perusahaan energi untuk dibelanjakan guna membantu konsumen dengan tagihan yang melumpuhkan.

Baca Juga : IHSG Diprediksi Menguat Usai Rilis Data Inflasi AS

Pada KTT Brussels, mereka diharapkan mendukung proposal untuk meluncurkan patokan harga alternatif buat gas alam cair dan pembelian gas bersama secara sukarela, meskipun undang-undang untuk mewujudkannya perlu dinegosiasikan selama beberapa minggu mendatang.

Tapi Jerman, ekonomi terbesar Uni Eropa, memimpin sebuah kubu kecil yang menolak seruan dari 15 negara untuk membatasi harga gas, dengan mengatakan itu akan berisiko pemasok membekukan Eropa, dan mengurangi insentif untuk penghematan energi.

“Kami diminta untuk menunjukkan solidaritas dalam berbagi energi tetapi tidak ada solidaritas dalam seruan kami untuk menahan harga,” kata Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, kepada rekan-rekannya, menurut seorang pejabat Uni Eropa yang mengetahui diskusi tertutup tersebut.

Perdana Menteri Alexander de Croo dari Belgia, yang mengekspor gas ke negara tetangga Jerman, juga merasa frustrasi.

“Solidaritas seharusnya tidak hanya pada pasokan – itu juga harus pada harga,” katanya pada pertemuan itu, menurut pejabat tersebut.

Rancangan kesimpulan KTT para pemimpin, dilihat oleh Reuters, akan meminta eksekutif Uni Eropa untuk “mengambil pekerjaan ke depan” pada kedua “koridor harga dinamis sementara pada transaksi gas alam” dan batas harga pada gas yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button