Headline

Gelar Baru Jokowi, Pangeran Bangsawan dari Ternate

INDOPOSCO.ID – Sultan ke-49 Ternate Hidayatullah Sjah memberikan gelar kepada Presiden Jokowi Widodo selaku Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat.

“Penganugerahan itu dilakukan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah kepada Presiden Jokowi di dalam Kedaton Kesultanan, sekaligus mendoakan Presiden untuk selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam memimpin bangsa Indonesia,” kata Fanyira Kadaton Kesultanan Ternate Rizal Effendi di Ternate, seperti dikutip Antara, Rabu (28/9/2022).

Pemberian gelar itu diberikan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah sebelum Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kota Tidore Kepulauan di Provinsi Maluku Utara.

Menurut Rizal, Jokowi mengikuti ritual Joko Kaha atau injak tanah yang merupakan upacara tradisional untuk menerima tamu agung di halaman Kedaton Kesultanan Ternate.

Kunjungan Jokowi di Ternate disambut ribuan warga, mulai dari masyarakat serta siswa SD dan SMP, yang berdiri sejak pagi di sepanjang jalan dengan memegang Bendera Merah Putih.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Maluku Utara antara lain telah menyerahkan bantuan sosial( bansos) kepada para penerima manfaat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button