Headline

Keren, Indonesia Dapat Kepercayaan Selenggarakan “World Water Forum” 2024

INDOPOSCO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Dewan Air Dunia (World Water Council/WWC) mempercayai Indonesia mampu menyelenggarakan Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) pada 2024 meski waktu persiapan hanya dua tahun, berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

“Ini dilakukan tiga tahun sekali tapi yang 2024 kita hanya punya waktu dua tahun. World Water Council (WWC) sangat percaya pada Indonesia bisa selenggarakan walau persiapan dua tahun,” kata Basuki seperti dikutip Antara, Kamis (11/8/2022).

Basuki mengungkapkan penyelenggaraan WWF ke-10 pada 2024 di Bali, bukan hanya agenda kerja Kementerian PUPR, namun seluruh pemangku kepentingan di Indonesia. Hal itu juga tak terlepas dari skala dan potensiforum tersebut dengan keterlibatan 100 ribu peserta dan akan dihadiri 56 menteri dan 12 kepala negara.

“Ini bukan ambisius tapi kalau lihat voting negara-negara kemarin (saat WWFke-9 di Senegal) mereka tak voting Indonesia, mereka voting Bali. Bali magnetnya sangat tinggi, mereka pasti bawa keluarga. Jadi sangat, ditunggu betul pelaksanaan WWF di Bali,” jelasnya.

Indonesia, ujar Basuki, akan mengusung agenda di WWF 2024 mengenai air untuk kesejahteraan bersama. “Ini acara terbesar, tidak ada forum air yang lebih besar dari WWF,” ujarnya.

Menteri PUPR meyakini Indonesia akan mendapat banyak manfaat, terutama mengenai pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Air (SDA) dari WWF. Manfaat tersebut seperti berbagai inovasi baru dalam mengelola air untuk mengantisipasi bencana, maupun kegunaan air untuk kehidupan sehari-hari, termasuk untuk meningkatkan produktivitas pangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button