Headline

Irwasum Tekankan Timsus Baku Tembak Polisi Kedepankan ‘Scientific Crime Investigation’

INDOPOSCO.ID – Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto mengungkapkan kerja Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk Kapolri untuk mengungkap kasus baku tembak antaranggota kepolisian di rumah Kadiv Propam Irjen Pol. Ferdy Sambo secara objektif, transparan, dan akuntabel.

“Tim khusus bekerja mandiri, melaksanakan pendalaman olah tempat kejadian perkara, sudah melakukan pemeriksaan saksi, termasuk pendalaman hasil autopsi dengan memedomani ‘scietific crime investigation‘ (berbasis ilmiah, red),” kata Komjen Pol Agung Budi Maryoto selaku Ketua Timsus Polri, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Tim khusus dibentuk Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang melibatkan satuan kerja internal Polri dan eksternal. Wakil Kepala Polri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono didapuk sebagai penanggung jawab, Irwasum sebagai ketua, dan dibantu Kabareskrim Komjen Pol. Agus Andrianto, Kabaintelkam Komjen Pol. Ahmad Dofiri, dan Asisten Kapolri Bidang ASD Irjen Pol. Wahyu Widada.

Tim juga melibatkan Provost dan Pengamanan Internal (Paminal) Polri. Sedangkan dari unsur eksternal adalah Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Baca Juga: Ini Penyebab Dor Dor Dor Sesama Anggota Propam Polri

“Saya ditunjuk sebagai ketua tim, penanggung jawab Wakapolri, beranggotakan lengkap Kabareskrim dengan Inafis, Dittipidum, dan Puslabfornya. Ada dari Pusdokes dan Psikologinya,” tandasnya.

Agung mengatakan pelibatan unsur eksternal Polri (Kompolnas dan Komnas HAM) untuk menjamin langkah-langkah yang dilakukan timsus agar transparan, objektif, dan akuntabel. “Kompolnas dan Komnas HAM terbuka, supaya ‘fair’, apa yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan,” tandas Agung.

Ia menegaskan tim bekerja dengan mengedepankan ‘scietific crime investigation’, sehingga diperoleh kesimpulan hasil penyelidikan dan penyidikan secara utuh dan terbuka bagi masyarakat.

“Seperti kata Kapolri, kami mengedepakan ‘scietifiic crime investigation‘ sehingga hasilnya utuh terbuka bagi masyarakat,” ujar Agung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button