Headline

Dilarang Impor, Kemenkes Keluhkan Industri Alkes Dalam Negeri

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa industri hulu alat kesehatan yang belum memadai menjadi salah satu faktor Indonesia belum mandiri.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalusia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat menyampaikan belum memadainya industri hulu alat kesehatan membuat terbatasnya ketersediaan bahan baku dalam negeri.

Selain itu, katanya, ekosistem investasi di bisnis alat kesehatan juga belum terbentuk. “Laboraturium uji alat kesehatan terbatas,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Kesehatan bidang Ketahanan Industri Obat dan Alat Kesehatan Laksono Trisnantoro mengungkapkan beberapa alasan masyarakat dan penyedia layanan kesehatan lebih suka membeli alat kesehatan impor daripada produk lokal.

Baca Juga: Hadapi Omicron, Pemkab Serang Dapat Bantuan Alat Kesehatan

Pertama, kata dia, belum banyak kampanye bangga membeli produk Indonesia untuk alat kesehatan.

“Meski tidak semua, banyak dokter yang bilang, alat dalam negeri kurang bermutu. Di sini perlunya kampanye bangga beli produk alat kesehatan Indonesia kepada para dokter sebagai pelayan kesehatan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button