Headline

Ingat! Selama Pandemi, Anak Obesitas Perbanyak Asupan Antioksidan

INDOPOSCO.ID – Anak-anak dengan obesitas perlu diberikan banyak asupan makanan yang mengandung antioksidan selama masa Pandemi Covid-19. ”Ketika anak mengalami obesitas, maka metabolisme dalam tubuhnya tidak akan berjalan dengan maksimal,” kata Ketua Pimpinan Pusat Asosiasi Nutrisionis Indonesia (ASNI) DPP Persagi Dr Andriyanto SH MKes dalam talkshow ‘Peran Nutrisionis Dalam Mencegah Stunting dan Obesitas’ yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Andriyanto menuturkan ketika anak mengalami obesitas, metabolisme pada beberapa organ seperti jantung, pankreas dan ginjal tidak dapat berjalan dengan maksimal. Hal itu kemudian menyebabkan anak mudah terkena diabetes, gagal ginjal maupun penyakit tidak menular lainnya.

Dalam konteks pandemi Covid-19, anak yang menderita obesitas lebih banyak memiliki sel darah yang tidak mengandung oksigen. Sehingga lebih rentan terkena Covid-19 dibandingkan dengan anak dengan berat badan yang normal.

“Covid-19 itu sejatinya adalah virus atau benda mati yang bila masuk dalam tubuh, dia akan menempel pada sel. Sehingga selnya menyebar pada tubuh tapi sel itu menempel mencari sel yang tidak beroksigen,” ucap dia.

Baca Juga: Kelamaan Lihat Layar, Awas Gangguan Sindrom Mata

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button