Headline

Risiko Masuk Rumah Sakit Pasien Omicron Lebih Rendah

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengemukakan risiko masuk rumah sakit pada kasus Omicron jauh lebih rendah jika dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya.

“Kalau kita lihat data awal dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa risiko masuk rumah sakit pada kasus Omicron jauh lebih rendah dibandingkan varian-varian sebelumnya seperti varian Beta dan Delta,” tutur Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip Antara, Rabu (29/12/2021) sore.

Data lain juga menunjukkan bahwa proporsi penggunaan ruang rawat unit intensif lebih rendah pada kasus Omicron. Misalnya, perawatan di ICU hanya 5 persen dan pada perawatan healthcare hanya 8 persen.” Kalau kita bandingkan sebelumnya itu untuk perawatan ICU bisa mencapai 22 persen,” tuturnya.

Baca Juga : Omicron Mengganas di Indonesia, 68 Orang Terinfeksi

Namun Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Ditjen P2P Kemenkes itu mengimbau masyarakat untuk tetap waspada meskipun sebagian besar gejala Omicron bertabiat ringan.

“Resiko sakit parah dan kematian harus tetap menjadi kewaspadaan kita. Deteksi dini menjadi penting untuk mencegah keparahan dan memutuskan rantai penularan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button