Headline

Ini Penyebab Terhambatnya Penanganan Bencana Erupsi Semeru

INDOPOSCO.ID – Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti menegaskan pendangkalan dasar sungai dan hoaks membatasi penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

”Pada kesempatan ini saya melaporkan kendala di lapangan adalah adanya mendangkalnya sungai di curah kobokan desa setiap hari,” kata Irwan dalam konferensi pers Review Kejadian Bencana Bulan Desember dan Perkembangan Pasca Erupsi Gunung Semeru yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Irwan menjelaskan, terjadinya pendangkalan dasar sungai diakibatkan oleh rata-rata curah hujan yang tinggi pada siang hingga sore hari, sehingga berpotensi menyebabkan banjir. Oleh sebab itu, pada saat melakukan proses pencarian korban bencana perlu meningkatkan kewaspadaan.

Selain pendangkalan sungai, hal lain yang menyebabkan proses penanganan menjadi tertahan adalah pasir di sekitar sungai masih berkebul dan panas. Hal tersebut membuat proses pencarian yang dilakukan secara manual oleh tim SAR atau alat berat menjadi sangat terbatas.

Baca Juga: Cari Korban Erupsi Semeru, Polri Terjunkan Anjing Pelacak

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button