Headline

Usai Dilantik, Panglima Andika Rombak Puluhan Perwira TNI, Termasuk Danjen Kopassus

INDOPOSCO.ID – Usai dillantik di Istana Negara, Jakarta belum lama ini, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa langsung melakukan perombakan sejumlah perwira TNI. Mantan KSAD itu memutasi 23 perwira TNI dari tiga matra, termasuk salah satunya Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dari Mayjen TNI M Hasan kepada pejabat baru Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Rotasi jabatan puluhan perwira TNI itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga: Panglima TNI Baru Lanjutkan Program Marsekal Hadi

“Untuk mutasi kemarin, setiap Panglima TNI itu sebetulnya (kerja, red) Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) ini sudah selesai September 2021. Jadi, Wanjakti itu normalnya dilakukan setiap tiga bulan sekali, dan yang terakhir September kemarin. Jadi, yang keluar kemarin itu hasil dari Wanjakti yang sudah disepakati dan dirapatkan, termasuk pergantian Danjen Kopassus menjadi Pangdam Iskandar Muda di Aceh,” kata Andika saat ditanya mengenai mutasi para perwira di sela kunjungan ke Markas Besar TNI Angkatan Laut, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Wanjakti merupakan dewan penasihat yang bertugas memetakan dan memberi rekomendasi perwira-perwira tinggi yang akan ditugaskan menempati pos-pos jabatan tertentu ke Panglima TNI.

SK Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021, yang mengatur mutasi terbaru di lingkungan TNI, diteken oleh Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Rabu (17/11/2021) lalu.

Dengan demikian, jabatan Danjen Kopassus saat ini ditempati Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. Teguh, lulusan Akademi Militer 1989, sebelumnya bertugas sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Mayjen TNI M Hasan yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus saat ini bertugas sebagai Pangdam Iskandar Muda di Aceh.

Sedangkan Mayjen TNI Achmad Marzuki yang sebelumnya menjabat Pangdam Iskandar Muda, dimutasi menjadi Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) seperti dilansir Antara.

Di samping nama-nama itu, perwira lain yang masuk dalam daftar mutasi sesuai isi SK di antaranya;

– Letjen TNI Dudung Abdurachman dari Pangkostrad menjadi KSAD

– Letjen TNI Ganip Warsito dari Kepala BNPB jadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun)

– Mayjen TNI Suharyanto dari Pangdam V Brawijaya jadi Kepala BNPB

– Mayjen TNI Nurchahyanto dari Aster Kasad jadi Pangdam V Brawijaya

– Mayjen TNI Gregorius Henu Basworo dari Pa Sahli Tk III Kasad Bid Wassus dan LH jadi Dosen Tetap Unhan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button