Headline

Peristiwa “404 Not Found” Jadi Inspirasi Gelaran Mural Polri

INDOPOSCO.ID – Para peserta lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 diberi kebebasan berekspresi melalui lukisannya. Itu bentuk menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap pemerintah maupun jajaran Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, gelaran lomba mural yang diikuti 803 karya seniman dari seluruh daerah Indonesia itu membuktikan bahwa Polri tidak anti terhadap kritik.

“Kita sampaikan bahwa pemerintah, polisi tidak anti kritik. Tentunya itu jadi bagian evaluasi kami untuk jadi lebih baik,” ujar Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Sabtu (30/10/2021).

Mengenai ide pelaksanaan lomba mural tersebut, bermula dari sebuah diskusi terkait penghapusan sejumlah mural bernuansa kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo oleh polisi beberapa waktu lalu.

“ide ini muncul dari diskusi, karena peristiwa 404 Presiden Jokowi not found. Kemudian ada aksi-aksi di lapangan yang menjadi polemik. Ada yang menghapus, ada juga yang membiarkan,” tutur Listyo.

Meski ketika pendaftraan perlombaan tersebut, sempat sepi peminat lantaran beredar isu tidak benar. Seperti anggapan para peserta takut ditangkap. Setelah dibolehkan mural bertema kritis jumlah peserta meningkat drastis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button