Headline

Ini 3 Motif Tindakan Terorisme versi Kepala BNPT

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar menjelaskan 3 motif tindakan terorisme di Indonesia dalam rapat dengar pendapat( RDP) bersama Komisi III DPR di Gedung Senanyan, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

“Tiga motif yang diamanatkan dalam undang-undang yakni ideologi, politik dan gangguan keamanan,” tutur Boy seperti dikutip Antara.

Boy menjelaskan terkait Ideologi, para teroris tidak mengangkat Ideologi Pancasila, tetapi merujuk ideologi yang mereka yakini sendiri dengan karakter intoleran, kekerasan, melegalkan segala cara dan bahkan bisa mengkafirkan orang lain.

“Politiknya ingin berkuasa atau ingin merebut kekuasaan bahkan dengan cara kekerasan kepada orang-orang yang tidak sejalan dengan mereka, bahkan mereka bisa melawan negara,” ucap Boy.

Sementara terkait kendala keamanan, bisa dilatarbelakangi motif balas dendam atau motif ekonomi yang kemudian terperangkap pada perkara terorisme, karena melakukan dengan cara-cara kekerasan.

Boy memeragakan tindakan kelompok kriminal bersenjata di Papua, dimana secara ideologi tidak cocok dengan Pancasila, karena mereka ingin merdeka. Secara politik mereka ingin menjadi negara sendiri. Sementara untuk kendala keamanan, di mana banyak sekali masyarakat awam yang ditembak dan meninggal dunia.

Boy menjelaskan, ketika pemerintah mengelompokkan tindakan KKB di Papua sebagai entitas atau orang yang melakukan tindakan terorisme, itu memantapkan langkah- langkah hukum terhadap aksi mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button