Headline

Kemenkes: Vaksin Pfizer Prioritas Jadetabek

INDOPOSCO.ID – Pemerintah memprioritaskan distribusi vaksin Covid-19 produksi Pfizer dengan merek Comirnaty menuju sejumlah daerah di Jabodetabek, kata seorang pejabat di Kementerian Kesehatan.

“Pada tahap awal, vaksin ini telah didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Tangerang Selatan dan Bekasi,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (22/8).

Ia mengatakan vaksin tersebut sudah tiba di Indonesia dan diperuntukkan bagi masyarakat umum yang belum pernah menerima vaksin Covid-19.

Prioritas pemberian ke wilayah Jabodetabek, kata dia, dikarenakan sistem logistik yang lebih kompleks dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya.

Vaksin berplatform mRNA itu, kata dia, membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan, karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara minus 90 hingga minus 60 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” katanya.

Sebanyak 1. 560. 780 juta dosis vaksin Pfizer tiba di Indonesia pada Kamis (19/8) melalui skema pembelian langsung. Secara bertahap, 50 juta vaksin Pfizer akan tiba di Indonesia tahun ini melalui skema tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button