Headline

Indonesia dan AS Tingkatkan Kapasitas Pejabat Fungsional Ketenagakerjaan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) melakukan kerja sama pengembangan kapasitas (capacity building) untuk pejabat fungsional ketenagakerjaan. Seperti: pengantar kerja, pengawas ketenagakerjaan, mediator, dan instruktur; dan pelatihan vokasi yang inklusif untuk pekerja perempuan, muda, dan kelompok rentan.

“Kedua negara memberikan perhatian khusus terhadap pentingnya pelatihan vokasi guna mendukung proses transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, khususnya dalam mengurangi pengangguran angkatan kerja muda di Indonesia,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam keterangan, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, menurutnya, dalam pertemuan dengan delegasi Amerika Serikat juga dibahas pentingnya peningkatan penguatan pengawasan ketenagakerjaan.

“Potensi kerja sama ketenagakerjaan ini bisa dalam bentuk peningkatan kompetensi pengawas ketenagakerjaan Indonesia maupun sistem pengawasannya khususnya pada sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan,” jelas Anwar.

“Terkait pengawasan ketenagakerjaan, Pemerintah AS juga mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam mengurangi pekerja anak secara signifikan,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button