Headline

Ini Akibatnya jika Terima Vaksin Covid-19 hanya Sekali

INDOPOSCO.ID – Para penerima vaksin Covid-19 yang pertama wajib menerima suntikan vaksin kedua. Sebab, jika hanya menerima vaksin pertama, imunitas tubuh terhadap virus Corona tidak maksimal.

Ketua POKJA Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang terdiri dari dua suntikan dengan jeda waktu di antaranya harus dipatuhi agar jumlah antibodi dalam tubuh terbentuk secara optimal.

“Kalau tidak disuntik lagi (vaksinasi kedua), antibodi yang terbentuk tidak optimal untuk membentuk kekebalan,” kata Erlina dalam bincang-bincang daring Kalbe, Selasa (9/3/2021).

Pada suntikan pertama, antibodi akan terbentuk namun prosesnya tidak instan. Antibodi mulai terbentuk pada hari ke-12 dalam jumlah sedikit. Jumlahnya meningkat setelah suntikan kedua dan diharapkan sudah mencapai level optimal pada hari ke-28.

Setelah mendapatkan vaksin, tetap ada risiko terjangkit Covid-19 namun risikonya jauh lebih rendah. Jika memang terjangkit, gejalanya akan lebih ringan dibandingkan orang yang belum mendapat vaksin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button