Headline

Mirip 1998 di Indonesia, Myanmar Terus Memanas

INDOPOSCO.ID – Mirip suasana 1998 di Indonesia, suhu politik di Myanmar terus memanas. Puluhan ribu orang keluar memenuhi jalan-jalan pada Minggu (7/3/2021) dalam salah satu hari terbesar protes terhadap kudeta bulan lalu, meskipun terjadi serangan semalam oleh pasukan keamanan di kota besar Yangon terhadap para pemimpin kampanye dan aktivis oposisi.

Sejumlah polisi terpaksa menembakkan gas air mata dan granat setrum di Kota Lashio di wilayah Shan utara negara itu, menurut video siaran langsung yang diunggah di Facebook.

Seorang saksi mata mengatakan, polisi melepaskan tembakan untuk membubarkan protes di kota kuil bersejarah Bagan , tetapi tidak jelas apakah mereka menggunakan peluru karet atau peluru tajam.

Tidak ada laporan tentang korban jiwa. Protes di setengah lusin kota lain berlangsung damai. Kerumunan massa terbesar terjadi di kota kedua Myanmar, Mandalay, di mana para aktivis menggelar protes duduk setelah dua menit hening untuk menghormati orang-orang yang dibunuh oleh polisi dan tentara, video menunjukkan.

PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) mengatakan, pasukan keamanan telah membunuh lebih dari 50 orang untuk membasmi demonstrasi dan pemogokan harian di negara Asia Tenggara itu sejak militer menggulingkan dan menahan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button