Headline

Mori Akhirnya Mundur, Olimpiade Tokyo Terancam

INDPOSCO.ID – Setelah mendapat desakan, Yoshiro Mori (83) akhirnya resmi meletakkan jabatannya sebagai Ketua Olimpiade Tokyo 2021 pada Jumat (12/2/2021) ini. Pengunduran diri ini hanya beberapa bulan sebelum Olimpiade Musim Panas itu mulai digelar pada pertengahan tahun ini –semula dilakukan pada 2020, namun diundur karena Covid-19.

Mori juga kembali meminta maaf atas pernyataan seksis yang memicu protes global. Mundurnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang itu juga mengancam penyelenggaraan Olimpiade. Ini akan semakin mengikis kepercayaan terhadap kemampuan penyelenggara dalam mengadakan perhelatan ini selama Pandemi Virus Corona.

Sementara dengan batas waktu lima bulan sebelum mulai digelar, Jepang harus mencari pemimpin pengganti Mori. Media setempat menyatakan, di antara kandidat, yakni Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto.

Pria kelahiran 56 merupakan atlet Olimpiade tujuh kali dan anggota parlemen wanita perintis. Nama depannya diambil dari kata-kata Jepang untuk nyala api Olimpiade dan dia lahir beberapa hari sebelum Olimpiade Tokyo 1964 dibuka.

Mori memicu kehebohan ketika mengatakan dalam pertemuan Komite Olimpiade awal bulan ini bahwa perempuan berbicara terlalu banyak, sehingga memicu protes global agar dia dipecat karena menolak mundur.

“Pernyataan saya yang tidak pantas telah menyebabkan masalah besar. Saya minta maaf,” kata Mori pada awal pertemuan para pejabat senior dalam panitia penyelenggara Jumat (12/2/2021) ini.

Dia menambahkan, hal terpenting saat ini adalah mensukseskan Olimpiade Tokyo. Mori mengatakan bahwa meskipun mungkin telah mengatakan sesuatu yang tidak perlu, dia tidak melakukannya dengan sengaja dan merasa pernyataannya disalah-artikan oleh media. Dia menegaskan tidak berprasangka buruk terhadap perempuan.

“Saya sudah berusaha mendukung wanita sebesar mungkin, dan saya telah berusaha mendukung wanita lebih dari kepada laki-laki sehingga mereka bisa berbicara …,” ujar dia seperti dikutip Reuters melalui Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button