Industri Konten Digital Diprediksi Alami Lonjakan Penonton Selama Ramadan

INDOPOSCO.ID – Country Manager Viu Avijit Dutta menilai industri konten digital di Indonesia bersiap menghadapi lonjakan konsumsi selama bulan Ramadan ini.
Dalam acara gala premier serial “Saudade” di kawasan Senayan, Jakarta, Avijit mengatakan platform-platform seperti YouTube dan TikTok mengalami peningkatan penggunaan hingga tiga kali lipat pada periode yang sama tahun lalu.
“Setiap tahun, kami melihat peningkatan tiga kali lipat dalam konsumsi konten selama bulan Ramadhan. Ini adalah waktu di mana masyarakat mencari hiburan dan informasi untuk mengisi waktu luang mereka,” ujar Avijit seperti dilansir Antara, Senin (3/3/2025).
Avijit yakin di bulan Ramadan tahun lalu, aplikasi hiburan seperti Viu bisa memiliki jumlah unduhan yang meningkat secara drastis, bahkan mengungguli aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, dan lain-lain.
“Sekarang kami memiliki semacam ekspektasi yang melampaui tahun lalu. Dan kami berharap bisa menangkap imajinasi gen Z Indonesia demi mendorong unduhan aplikasi, dan meraup popularitas konsumsi hiburan digital,” kata Avijit.
Avijit mengarahkan tim produksi, tim monetisasi, tim pemasaran, serta para pemain dan kru yang berkontribusi menghasilkan tayangan serial orisinal Viu untuk menargetkan kampanye pemasarannya kepada gen Z, supaya “menonton langsung konten menghibur dan bermanfaat dari Viu”.
Ia juga mengajak seluruh tim produksi konten digital lokal di Indonesia untuk terus berinovasi dan berinteraksi dengan generasi muda, dan menghasilkan konten-konten yang kreatif dan bermanfaat.
Dengan persiapan yang matang dan konten-konten yang menarik, ia optimistis industri ini dapat meraih kesuksesan di Indonesia pada bulan Ramadhan tahun ini.
“Ambil tantanganmu, nyalakan pengaturan kamera,” ujar dia, memberikan semangat kepada seluruh kreator konten dan awak media yang hadir dalam gala premier tersebut. (wib)