Gaya Hidup

Dokter: Waspada Gejala Lebam pada Kulit Pertanda Leukimia

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis penyakit dalam dr. Dwi Wahyunianto Sp.D mengatakan masyarakat perlu mewaspadai adanya gejala lebam pada kulit yang sering menjadi tanda penyakit leukimia.

“Salah satu gejala yang perlu diwaspadai adalah adanya perdarahan, itu bisa terjadi di mana saja, yang paling sering itu di kulit seperti lebam menjadi salah satu gejala yang sering ditemukan pada pasien leukimia,” ucap Wahyu pada diskusi mengenai penyakit leukimia yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Leukima merupakan salah satu bentuk penyakit kanker darah yang ditandai oleh adanya sel-sel tidak normal atau sel muda yang bertambah dalam jumlah banyak dan tidak terkendali.

Berita Terkait

Lebam yang terjadi pada sebagian besar pasien leukimia adalah karena adanya perdarahan di bawah kulit akibat sel darah putih yang berkembang terlalu banyak, sehingga menekan sel darah merah dan trombosit yang diproduksi di dalam sumsum tulang.

Selain lebam pada kulit, kata Wahyu, gejala lain yang sering ditemui adalah mimisan dan gusi berdarah. Walaupun ada tanda terlihat pada pasien leukimia, perlu dilakukan diagnosis lebih lanjut oleh dokter agar bisa dilakukan tindakan yang cepat dan tepat.

“Memerlukan seorang dokter yang tentunya punya pengetahuan dan pengalaman di bidangnya sehingga diagnosis leukimia ini bisa dengan cepat ditindak, karena penyakit ini bergeraknya sangat cepat, misalnya dalam waktu enam bulan sampai dengan setahun pasien bisa tidak selamat,” ucap Wahyu.

Baca Juga: Deteksi Dini Kunci Utama Pencegahan Stroke

Wahyu menjelaskan lebam pada penderita leukimia berbeda dengan lebam biasa karena terbentur. Biasanya lebam pada leukimia terjadi di tempat yang tidak biasa seperti pada batang tubuh dan leher, serta jumlahnya yang bertambah banyak seiring waktu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button