Gaya Hidup

Dokter: Olahraga bukan Penyebab Seseorang Alami Serangan Jantung

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr. Vito A. Damay, SpJP(K), M.Kes., AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC menegaskan bahwa olahraga bukan penyebab seseorang mengalami serangan jantung.

“Orang tuh kadang ada yang bilang gini, ‘Saya takut dok olahraga terlalu keras. Nanti jadi serangan jantung’. Saya bilang memang anda olahraganya apa selama ini?,” kata Vito saat jumpa pers virtual bersama Yayasan Jantung Indonesia, Sabtu.

Sebagian orang, kata Vito, berolahraga jalan pagi, itu pun jarang-jarang dilakukan dan mereka takut berolahraga berintesitas lebih karena takut serangan jantung. “Jantung kita tuh kuat banget,” katanya.

Berita Terkait

Baca Juga : Menlu Retno Dukung Perempuan Kenakan Kebaya Untuk Olahraga di CFD

Jadi, menurut Vito, jantung sesungguhnya memiliki kemampuan yang kuat. Namun, yang membuat seseorang mengalami collapse saat bersepeda misalnya, adalah karena mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya sudah ada masalah pada jantung mereka sebelumnya.

“Kita mau olahraga kayak apa sih, sebenarnya batasannya jauh sekali. Tapi kenapa ada orang collapse tiba-tiba karena bersepeda? Satu karena dia nggak tahu bahwa dia punya masalah jantung sebelumnya,” jelas Vito.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button