Gaya Hidup

Vaksinasi dan Skrining HPV Penting untuk Cegah Risiko Kanker Serviks

INDOPOSCO.ID – Konsultan Onkologi Ginekologi di Mount Elizabeth Medical Centre, Dr Lisa Wong, mencatat pentingnya vaksinasi dan skrining Human papillomavirus (HPV) untuk melindungi perempuan dari virus dan mengurangi risiko kanker serviks.

Karena DNA HPV hadir dalam 99 persen spesimen kanker serviks, ada hubungan sebab akibat yang kuat antara HPV dan kanker serviks.“ Infeksi HPV adalah penyebab yang diperlukan untuk pembentukan kanker,” katanya dikutip dari siaran resmi, Selasa (21/6).

Namun, dia menekankan bahwa infeksi HPV sangat umum. Faktanya, sekitar 50 hingga 80 persen wanita akan mengembangkan salah satu dari lebih dari 200 subtipe HPV yang diketahui, setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Baca Juga : Menuju Endemi WHO, RI Terkendala Tiga Faktor Vaksinasi. Apa Saja?

Namun, sebagian besar kasus bersifat sementara dan tanpa gejala. Sekitar 80 persen kasus akan sembuh secara spontan dalam satu hingga dua tahun. Sebagian besar juga berisiko rendah, dan dapat menyebabkan kutil kelamin. Hanya sebagian kecil kasus–jenis onkogenik–akan berkembang menjadi kanker.

“Kanker sebenarnya adalah hasil yang jarang dari infeksi umum,” katanya, dilansir Antara.

Ia menjelaskan tiga alat skrining utama untuk kanker serviks–Pap smear konvensional, sitologi berbasis cairan, dan tes HPV.

Pap smear konvensional punya karakteristik dibatasi oleh sensitivitas yang buruk (50-60 persen) dan dipengaruhi oleh metode pengumpulan, tetapi spesifisitas yang sangat baik (97,1 persen) dan nilai prediksi positif yang tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button