Gaya Hidup

Perhatikan, Ini Beberapa Gejala Pasien Gagal Jantung

INDOPOSCO.ID – Ketua Pokja Gagal Jantung Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr. Siti Elkana Nauli menyebutkan terdapat beberapa gejala yang perlu diwaspadai untuk mengidentifikasi pasien gagal jantung seperti mudah lelah dan sesak napas serta tidur membutuhkan bantal yang lebih tinggi.

“Sebelum taraf yang berat, dia kalau melakukan pekerjaan biasanya katakanlah naik tangga sanggup dua tingkat sekarang itu jarak naik tangganya jauh lebih singkat, hanya setengah atau cuma satu tingkat sudah mengeluh capai atau sesak napas,” ujar Nauli dalam diskusi bertajuk “Kenapa Kita Harus Peduli Gagal Jantung?” di Jakarta, Sabtu.

Tanda-tanda lain pasien yang mengalami gagal jantung seperti mengeluh sesak dan sakit ketika menunduk. Gejala lain adalah ketika tidur membutuhkan lebih dari satu bantal untuk mendapatkan posisi bantal yang lebih tinggi.

Berita Terkait

Baca Juga : Hasil Riset, Risiko Komplikasi Jantung Lebih Tinggi Usai Infeksi Covid-19

Gejala gagal jantung juga berupa bengkak pada kaki dan perut dan ditambah dengan susah bernapas dan mengeluarkan suara berlebihan ketika bernapas menjadi pertanda yang harus diwaspadai untuk pasien yang memiliki gagal jantung.

“Apa yang terjadi pada diri kita itu hanya kita yang tahu. Sebaiknya kita sadar, tadinya bisa berjalan jauh mulai (sekarang) lebih pendek, jangan-jangan ada penyakit lain. Tapi tidak semua pasien sesak napas itu gagal jantung,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button