Gaya Hidup

Sepuluh Langkah Memijat Bayi

INDOPOSCO.ID – Sentuhan dari orang tua dapat memancarkan energi kepada anak dan itu dapat diterapkan dalam memijat bayi. Dokter Yudhi Gejali, seorang pegiat akupunktur pediatri, memberikan kiat dan sepuluh langkah dalam memijat bayi yang idealnya dilakukan setelah mandi, dikutip dari Antara, Jumat (1/4/2022).

Sebelum memijat, bersihkan dan hangatkan dulu tangan dengan minyak telon, atau jika memungkinkan yang punya aromaterapi menenangkan dan meredakan kecemasan seperti lavender. Pastikan kuku pendek agar tidak melukai kulit anak.

Pertama, usap dada dari tengah ke arah luar sambil melakukan kontak mata dengan bayi. Sentuhlah dari hati dengan penuh cinta.

Baca Juga : Tiga Remaja Pemerkosa Anak di Bawah Umur Berhasil Dibekuk

Kedua, usap perut mengelilingi pusar searah jarum jam. Gerakkan tangan mengitari pusar bayi. Gerakan ini dapat membantu melancarkan pencernaan anak. Sebaliknya, saat anak sedang diare, gerakan harus berlawanan arah dengan jarum jam.

Ketiga, usap lengan dan tungkai dari atas ke bawah. Gerakan harus searah, jangan digosok bolak- balik dari atas ke bawah dan sebaliknya. Gerakan harus searah secara lembut, dari pundak ke bagian bawah tubuh, dari paha ke kaki.

Keempat, pijat lembut pusat kaki bagian tengah yang membuat bayi menjadi tenang. Ketika seseorang merasa emosi, kadang emosi itu memuncak ke atas, jadi perlu ada pijatan yang lembut di pusat kaki bagian tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button