Gaya Hidup

Lima Nutrisi Penting Untuk Pelari Saat Ramadhan

INDOPOSCO.ID – Menjelang bulan Ramadhan, para pencinta olahraga harus mempersiapkan diri dengan baik agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dalam keadaan prima meski tengah melakukan ibadah puasa.

Lari merupakan salah satu olahraga yang populer digemari adalah lari karena simpel dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran.

Olahraga ini cukup fleksibel dan murah, tidak membutuhkan banyak peralatan, dan yang terpenting merupakan cara terbaik untuk kesehatan kardiovaskular.

Salah satu anggota Herbalife Nutrition Advisory Board, Korakod Panich dalam keterangannya pada Senin mengatakan agar tetap bugar selama Ramadhan, pelari harus mencukupi nutrisi sebagai bahan bakar yang tepat untuk tubuh.

Baca Juga : Sambut Ramadhan KFC Indonesia dan Tupperware Indonesia Hadirkan Resep Seru dari Ayam KFC

Berikut lima nutrisi penting bagi pelari:

1. Karbohidrat

Karbohidrat dapat ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, produk susu, dan pati seperti nasi, roti, dan pasta – adalah sumber energi yang paling penting bagi tubuh.

Untuk pelari, makanan kecil bisa dikonsumsi satu jam sebelum berlari, terdiri dari karbohidrat dan sedikit protein dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk berjalan secara efektif.

Smoothie yang dibuat dari susu dan buah, atau yogurt dengan buah beri, menyediakan nutrisi yang dibutuhkan dan mudah dicerna sebelum berolahraga.

Mengonsumsi jumlah karbohidrat yang tepat sebelum berolahraga dapat membantu memaksimalkan olahraga Anda.

2. Protein

Protein yang ditemukan dalam daging, susu, telur, dan kedelai – membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan dan otot yang terpengaruh selama aktivitas fisik, dengan mengonsumsi protein yang tepat dan tidur yang cukup.

Kedelai adalah sumber protein yang baik karena merupakan salah satu dari sedikit protein nabati lengkap yang mengandung semua sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Pelari harus mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein 30 sampai 45 menit setelah berolahraga.

Rasio karbohidrat terhadap protein harus 2-3: 1, dengan 20 gram protein berkualitas tinggi setelah berolahraga dan antara 40 dan 60 gram karbohidrat. Sandwich pada roti dan sepotong buah atau shake pemulihan protein tinggi bisa jadi pilihan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button