Gaya Hidup

Kenali Gejala Kanker Payudara, Ini Ciri-ciri dan Cara Mendeteksinya

INDOPOSCO.ID – Para ahli dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan jika penyakit kanker payudara merupakan penyakit kedua terbanyak yang mematikan pada kaum perempuan, setelah kanker paru.

Penyakit ini memiliki beberapa gejala selain benjolan pada payudara. Bagi kaum perempuan, tentu perlu mengenali sejumlah gejala dari penyakit kanker payudara tersebut.

Dokter Spesialis Bedah dari Siloam Hospitals Balikpapan, dr. Esther Felicita Tambayong, Sp.B mengatakan, gejala kanker payudara yang mengarah keganasan dapat berupa benjolan yang bentuknya tidak beraturan dan kebanyakan benjolannya tidak terasa nyeri.

“Biasanya diikuti dengan adanya perubahan dari warna kulit payudara pada penderita. Bahkan jika sudah parah, kondisi kulit seperti kulit jeruk yang disertai luka berbau pada bagian kulit payudara tersebut. Dan luka yang dialami terjadi tanpa sebab dan sulit untuk sembuh,” ujar dr. Esther, dalam bincang edukasi sehat di kota Balikpapan, Kamis (10/2/2022), secara daring. Acara digelar dalam rangka memperingati hari kanker sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 4 Februari.

Baca Juga: Siloam Hospitals Lippo Cikarang Tambah Fasilitas Cathlab

Selain itu, beberapa gejala kanker payudara ditemukan juga terjadi dengan kondisi bagian puting yang tertarik ke dalam dan bentuk payudara menjadi tidak simetris antara satu dengan yang lain. Langkah paling awal yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya gejala kanker payudara adalah dengan melakukan pengecekan diri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button